Tips Renovasi Rumah Tipe 36/60 Menjadi 2 Lantai Berserta Rab

Rumah tipe 36 umumnya dapat kita jumpai di wilayah perkotaan. Dengan jumlah lahan yang semakin terbatas, rumah tipe 36 muncul sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak.

Sebagian besar masyarakat biasanya membeli rumah tipe 36 saat baru mulai berkarir. Terutama bagi keluarga muda, rumah dengan tipe memiliki jumlah ruangan yang cukup. Walaupun luasnya tidak terlalu besar, rumah tipe 36 dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan keluarga.

Baca : Harga Railing Tangga

Untuk menghemat ukuran kavling lahan, rumah tipe 36 didirikan di kavling berukuran 6 x 10 atau 60 m². Area parkir berupa carport disediakan berukuran 4.5 meter di depan. Hanya tersisa sedikit lahan untuk area taman belakang yang langsung menghadap ke dapur.

Sisi dalam bangunan terdiri dari dua kamar tidur, 1 kamar mandi, serta ruang utama yang multifungsi. Ruang utama ini ukurannya lebih besar dari ruangan-ruangan lain yang dapat digunakan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, maupun ruang makan. Dengan sedikit kreativitas seperti memanfaatkan perabot atau partisi, biasanya semua kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan baik.

Namun seiring perubahan waktu, Anda pasti ingin memperluas bangunan dan menambah ruangan-ruangan lain di dalam rumah Anda. Mungkin anggota keluarga Anda bertambah sehingga membutuhkan kamar tidur baru maupun sekedar ingin menambah ruangan agar lebih leluasa di dalam rumah. Apapun alasan Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat merenovasi rumah tipe 36 Anda sesuai dengan keinginan. Simak terus sampai ke bawah untuk mendapatkan rincian biayanya.

Baca : Harga Batu Alam (Hiasan Dinding Tampak Minimalis Dan Terkesan Sepertis Suasana Alam)

  • Buat daftar kebutuhan ruangan Anda

Sebelum memutuskan untuk merenovasi rumah, buatlah terlebih dahulu daftar kebutuhan yang Anda ingin penuhi lewat renovasi. Dengan membuat daftar seperti ini, Anda memiliki tujuan yang jelas sehingga barang-barang yang Anda akan beli pun terencana dengan baik. Anda tidak akan berbelanja secara impulsif yang dapat membuat pengeluaran menjadi boros.

  • Buat skala prioritas

Saat merenovasi rumah, Anda tentu memiliki banyak keinginan. Mungkin dalam bayangan Anda, Anda ingin memiliki kolam renang, air terjun, bak mandi, dan berbagai fasilitas mewah lainnya. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menambah fasilitas-fasilitas baru tersebut, pastikan kebutuhan-kebutuhan dasar yang lebih penting dapat terpenuhi. Skala prioritas juga dapat membantu Anda mengatur rencana pengeluaran untuk renovasi rumah Anda.

  • Manfaatkan struktur rumah yang lama

Agar pengeluaran Anda semakin efisien, Anda tidak perlu membongkar rumah lama Anda secara keseluruhan. Apalagi dewasa ini beberapa developer bahkan sudah mempersiapkan struktur rumahnya untuk ditingkatkan. Manfaatkan struktur yang sudah ada untuk membangun ruang-ruang baru. Dengan begitu Anda cukup membongkar dinding lama yang akan jauh menghemat biaya renovasi.

Baca : Harga Anyaman Bambu

  • Pelajari harga material di pasaran

Anda perlu mempelajari harga-harga material yang ada di pasaran agar Anda dapat merencanakan pengeluaran Anda dengan baik. Dengan mengetahui harga pasaran, Anda juga tidak akan salah membeli barang atau membeli barang dengan harga jauh di atas pasaran. Anda bisa mengetahuinya dengan mendatangi toko bahan bangunan terdekat.

  • Konsultasikan desain Anda dengan arsitek atau desainer interior

Banyak orang yang merasa mereka dapat merancang rumah mereka sendiri walaupun mereka tidak memiliki keahlian desain sama sekali. Akibatnya, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk bongkar pasang karena tidak puas dengan denah ruangan atau akhirnya rumah memiliki denah dengan hubungan antar ruang yang tidak nyaman.

Padahal, jasa arsitek atau desainer interior dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Dengan jasa arsitek atau desainer yang handal, Anda dapat jauh menghemat biaya renovasi Anda. Mereka akan merancang secara efisien dan memilih material terbaik sesuai dengan keinginan Anda. Mereka juga akan menata denah rumah Anda untuk mendapatkan ruang-ruang yang nyaman untuk beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *