Mau Bangun Rumah? Ini Plus Minus Pakai Tukang Borongan atau Harian

Anda mau membangun/merenovasi rumah, tapi bingung memilih menggunakan jasa tukang borongan atau harian. Sebelum menentukan pilihan, yuk baca kelebihan dan kekurangannya masing-masing di bawah ini.

Tukang Borongan

Pekerja dengan sistem borongan ada dua macam. Yang pertama, mencakup biaya tenaga pekerja dan material bangunan. Sedangkan yang kedua, hanya menggunakan jasa pekerjanya saja. Biasanya, jika pemilik rumah menggunakan jasa tukang borongan, mereka memilih tipe yang pertama. Biar lebih praktis, katanya.

Kelebihan

Biaya relatif lebih murah dan pengerjaannya pun lebih cepat. Dan lagi, tukang dengan sistem borongan itu lebih mampu melakukan segala hal yang berhubungan dengan pembangunan.

Kekurangan

Pekerja dengan sistem ini cenderung tidak terlalu mengedepankan kualitas. Yang ada di pikirannya hanya kuantitas dan kecepatan. Jika ingin menambah waktu pengerjaan, Anda harus mengeluarkan biaya lagi.

Tips

– Jangan sungkan bertanya ke keluarga dan teman mengenai info tukang borongan yang terpercaya.

– Sering kunjungi dan mengecek pembangunan rumah Anda agar Anda bisa mengawasi kualitas dan kuantitas hasil kerja para pekerja.

Baca Juga : Harga Upah Tukang

Tukang Harian

Kelebihan

Hasil kerjanya lebih rapi, karena pekerjaa dikerjakan per hari dengan detail. Tukang harian juga biasanya memiliki keahlian khusus.

Baca juga : Harga Tangki Air

Kekurangan

Karena dibayar per hari, banyak kasus di mana tukang “sengaja” bekerja lebih lama untuk mendapatkan bayaran lebih. Jika pembangunan berjalan lambat, biaya yang Anda keluarkan pun jadi lebih banyak.

Tips

Buat kontrak perjanjian yang jelas soal batas waktu penyelesaian pekerjaan.

Baca Juga : Harga Pemanas Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *