Trik Memperbaiki Lantai Parket yang Rusak

Goresan benda tajam yang cukup keras atau seringnya terkena benturan benda tumpul dapat membuat permukaan parket rusak. Lalu tahukah cara memperbaikinya ?

Sebelumnya, kita harus tahu dulu, lantai parket yang dipasang itu berjenis kayu solid atau laminasi. Jika dari bahan yang dilaminasi, parket yang rusak tadi sebaiknya diganti. Kalau hanya rusak satu lembar, kita dapat mengganti satu lembar itu saja.

Baca Juga : Harga Lantai Vinyl

Pengerjaannya bisa dilakukan dengan mencongkel bagian yang rusak, dan menggantinya dengan yang baru. Agar lebih rapi, baiknya memanggil tukang.

Namun jika yang rusak adalah lantai parket berbahan kayu solid, Anda dapat memperbaikinya hanya dengan mengampelas bagian yang tergores, lalu di-finishing ulang. Yang perlu diperhatikan adalah sewaktu pengampelasan dan finishing ulang.

Baca Juga : Harga Material Bahan Bangunan

Sewaktu mengampelas, kayu jangan sampai tergosok sampai jadi cekungan yang terlalu dalam. Untuk finishing , perhatikan warna parket sebelumnya agar tak “belang”.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan jika ingin memperbaiki lantai kayu parket berbahan kayu solid yang rusak:

Bahan dan Alat:

Ampelas halus dan kasar
Spray gun set dan kompresor
Wadah dan bahan cat/pelitur, serta cairan antigores

Baca Juga : Harga Cat Waterproof

Langkah Pengerjaan:

1. Bersihkan permukaan parket yang tergores dengan menggunakan kain (lap) agar terlihat jelas panjang dan kedalaman goresannya.

2. Ampelas bagian yang tergores menggunakan ampelas kasar. Setelah permukaan yang tergores terlihat rata, haluskan dengan ampelas halus.

3. Bersihkan permukaan parket yang sudah diampelas dari debu hasil pengampelasan.

4. Siapkan cat/pelitur sesuai dengan warna parket yang tidak rusak. Tuangkan cat/pelitur dalam gelas spray gun. Lakukan beberapa kali pengetesan sebelum cat diaplikasikan ke permukaan parket, untuk memastikan cat benar-benar mendekati warna yang sama.

5. Lakukan proses pengecatan dengan semprotan itu. untuk perbaikan, penyemprotan cukup dilakukan dua sampai tiga kali dengan gerakan satu arah – pengecatan awal biasanya empat-lima kali semprotan.

6. Bila kondisi permukaan telah benar-benar kering dari cat, lakukan pelapisan dengan cairan antigores. Pilih cairan antigores berdaya tahan lama, sehingga warna parket tidak cepat memudar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *