Cerita ‘Black Panther’ dan Upaya Pahlawan Super Tembus Golden Globes

Semenjak launching Februari tahun kemarin, Black Panther memetik banyak pujian serta mendapatkan penjelasan positif dari beberapa alat.

Tidak hanya ceritanya menarik, film ini pula menyertakan banyak sineas berdarah Afrika-Amerika. Dia bahkan juga dapat disebut film Marvel pertama yang didominasi aktor kulit hitam.

Black Panther telah mencapai keberhasilan semenjak penayangan minggu perdana. Berdasar pada data Box Office Mojo, film ini sukses memperoleh US$202 juta atau sama dengan Rp2,8 triliun. Itu menaklukkan rekor awal mulanya yang dipegang Deadpool (2016) dengan US$132,4 juta.

Sambil tampil di bioskop beberapa negara, Black Panther terdaftar pecahkan lima rekor di Amerika Utara.

Yakni rekor film dengan pembukaan akhir minggu Februari paling besar, pembukaan akhir minggu musim dingin paling besar, pembukaan akhir minggu President’s Day paling besar, penghasilan paling besar di penayangan Senin serta penghasilan paling besar di penayangan Kamis di Februari.

Belumlah berhenti sampai disana, Black Panther masih tetap selalu mencapai prestasi.

Diantaranya ialah jadi film pertama yang tampil di bioskop Arab Saudi sesudah pemerintah mencabut larangan operasi bioskop serta mencapai penghargaan film terunggul African-American Film Critics Association (AAFCA) 2019.

Lihat pun: ‘Black Panther’ Dianugerahi AAFCA Penghargaan Film Terunggul

Belum juga penghargaan dari beberapa arena yang didapatkan dari beberapa kelompok. Seperti Best Director AFFCA 2019, Top 10 Films of the Year American Film Institute 2019 serta Best Movie BET Awards 2018. Keseluruhan Black Panther memenangkan 49 penghargaan dari 167 nominasi di beberapa arena pernghargaan.

Jumlahnya nominasi itu telah termasuk juga di Golden Globe Awards ke-76 atau Golden Globes 2019.

Film yang disutradarai Ryan Coogler ini masuk nominasi Best Motion Picture – Drama, Best Original Skor serta Best Original Song.

Dia juga jadi film pahlawan super pertama yang masuk nominasi Best Motion Picture – Drama. Film yang di bintangi Chadwick Boseman itu berkompetisi dengan BlacKkKlansman, Bohemian Rhapsody, If Beale Street Could Talk serta A Star Is Born.

Sebelum Black Panther memang benar ada film pahlawan super yang masuk nominasi Golden Globe Award, akan tetapi bukan Best Motion Picture serta bukan juga dalam kelompok drama.

Baca juga:

The Dark Knight (2008) memperoleh nominasi serta memenangkan Golden Globe Awards karena tampilan Heath Ledger yang ikonis jadi Joker. Ada juga Deadpool (2016) yang masuk nominasi Best Motion Picture – Musical or Comedy.

Walaupun telah mendapatkan banyaknya nominasi serta penghargaan, Walt Disney Studios berambisi Black Panther cetak rekor di Academy Awards 2019 alias Oscar 2019.

Keseluruhan ada 16 kelompok Academy Awards 2019 yang diserahkan Disney. Beberapa kelompok berprestise jadi tujuan Black Panther, seperti Best Picture, Best Director serta Best Actor.

Mari kita tonton, apa Black Panther akan cetak rekor baru di Golden Globes kesempatan ini menjadi film pahlawan super pertama yang memenangkan penghargaan Best Motion Picture. Bila itu terwujud, bukan mustahil dia pun berjaya di Oscar 2019.

Karena umumnya, Golden Globes dapat ‘memprediksi’ pemenang Oscar dengan cukuplah tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *