Simak Jalur SNMPTN Sepi Peminat, Pengisian Data PDSS Masih Minim

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 sepi peminat. Walau Pengisian Pangkalan Data Sekolah serta Siswa (PDSS) tinggal lima hari kembali, ada banyak sekolah yang belumlah lakukan pengisian.

Berdasar pada data Instansi Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sampai 18 Januari ada banyak sekolah yang belumlah isi data PDSS. Walau sebenarnya, PDSS ialah skema info penyimpanan data nilai rapor siswa dalam rencana pendaftaran SNMPTN.

Baca Juga : Cara Menghitung Nilai IP dan IPK

Dari sekolah yang tercatat di PDSS sekitar 27.057, yang telah isi data sekitar 13.662. Sedang yang belumlah isi data sekitar 13.395 sekolah. “Jumlahnya sekolah yang telah finalisasi sekitar 1.327 sekolah serta jumlahnya siswa yang telah lakukan verifikasi sekitar 50.978 siswa,” kata Kepala LTMPT Ravik Karsidi tempo hari.

Rektor Kampus Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini menyarankan pada sekolah serta siswa yang belumlah lakukan pengisian data serta verifikasi diharap selekasnya lakukan pengisian seperti ditata dalam proses SNMPTN 2019. Perihal ini memerhatikan agenda pengisian PDSS yang telah minim serta mendekati penutupan pada 25 Januari kelak.

Ravik juga mengutamakan pada beberapa siswa supaya memerhatikan tingkatan selanjutnya yakni pendaftaran SNMPTN 2019 yang sudah diskedulkan pada 4-14 Februari. Mengenai pemeringkatan peserta SNMPTN 2019 akan dikerjakan oleh skema LTMPT.

Ia menjelaskan, pada step pendaftaran ini siswa bisa pilih sangat banyak dua program studi pada sebuah PTN atau semasing satu prodi dari dua PTN. Rincian program studi serta daya tampung pada SNMPTN tahun 2019 bisa disaksikan pada situs http://www.snmptn.ac.id saat periode pendaftaran. “Butuh diingatkan pun pada beberapa peserta SNMPTN yang pilih program studi bagian Seni serta Berolahraga diharuskan mengupload portofolio,” tuturnya.

Penduduk pun butuh tahu jika untuk ikuti SNMPTN tidak diambil cost apapun. Cost penyelenggaraan SNMPTN 2019 seutuhnya dijamin oleh pemerintah. Ada juga pengumuman SNMPTN akan dikerjakan pada 23 Maret. Buat siswa pendaftar yang telah di terima lewat jalan SNMPTN tidak diijinkan mendaftarkan Seleksi Bersama dengan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

“Pada beberapa siswa calon peserta supaya membaca dengan jeli semua info serta tata langkah pendaftaran SNMPTN pada situs http://www.ltmpt.ac.id atau http://snmptn.ac.id,” katanya.

Menurut Ravik, terdapatnya LTMPT pun menandai masa baru seleksi calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN). Seperti tiap-tiap peserta tes bisa ikuti tes optimal 2x, hasil ujian catat berbasiskan computer (UTBK) diserahkan ke peserta dengan individu 10 hari sesudah penerapan tes dan UTBK bisa dikerjakan di 74 tempat pusat service UTBK PTN sekitar 10 kali service tes.

“Keuntungan buat penduduk karenanya ada LTMPT adalah ujian berbasiskan computer bisa kurangi kekeliruan pengisian jati diri, kode masalah, serta pengisian lembar jawab,” tuturnya.

Ia mengutamakan pada tiap-tiap siswa serta sekolah memerhatikan waktu penerapan SNMPTN serta SBMPTN.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Kadarsyah Suryadi menuturkan, instansi penyelenggara tes masuk perguruan tinggi buat calon mahasiswa baru mempunyai tujuan untuk melakukan tes yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efektif, serta akuntabel.

Artikel Terkait : Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

Diluar itu, pun menolong perguruan tinggi mendapatkan calon mahasiswa yang diperkirakan dapat mengakhiri studi di perguruan tinggi berdasar pada hasil UTBK serta atau persyaratan lainnya yang diputuskan bersama dengan oleh PTN lewat jalan SBMPTN.

“Mode serta proses seleksi yang di kembangkan LTMPT merujuk pada prinsip adil, transparan,fleksibel, efektif, akuntabel, dan sesuai dengan perubahan tehnologi info di masa digital,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *