Berikut 48 Rumah Rusak dan Terancam Pergerakan Tanah di Bandung Barat

Musibah gerakan tanah menyebabkan 48 rumah di Kampung Nendeut RT 01/05 Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, rusak. Mengakibatkan 17 kepala keluarga yang menempati 17 rumah sangat terpaksa diungsikan sesaat 31 rumah lainnya kondisinya terancam.

Kepala Bagian Kedaruratan serta Logistik Tubuh Penanggualangan Musibah Daerah (BPBD) KBB, Dicky Maulana menjelaskan, musibah gerakan tanah itu mulai tampak jelas semenjak Sabtu (16/12/2017) malam.

Baca Juga : Harga Semen

Disangka kuat gerakan tanah ini dipacu terjadinya gempa yang berpusat di Tasikmalaya dengan kemampuan 2,3 SR pada Jumat (15/12/2017) kemarin. “Dugaan kuat gempa di Tasikmalaya membuat terjadinya gerakan tanah ini,” kata Dicky, Selasa (19/12/2017).

Ia mengatakan, dari keseluruhan 48 rumah itu ada 77 jiwa terbagi dalam 41 lelaki, 41 wanita, 36 Balita serta 9 lansia. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini akan tetapi diyakinkan gerakan selalu berlangsung. Hingga mereka semua akan dievakuasi ke tempat penampungan sesaat yang ada tidak jauh dari kampung itu.

Menurut dia, skema gerakan tanah ini sistemnya rayapan di mana amblesnya tanah berlangsung dengan perlahan. Hal tersebut tampak dari rumah-rumah masyarakat yang walau alami rusaknya tetapi tidak ambruk sekaligus juga. Lebar rekahan tanah seputar 20-30 cm serta panjang 500 mtr. dengan luas ruang terdampak sampai 1 hektare.

Artikel Terkait : Harga Cat Tembok

Sekarang ini pihaknya tengah konsentrasi pada evakuasi masyarakat terdampak. Sesaat berkaitan pemicu butuh dikerjakan analisis lebih dalam dari team geologi.

Untuk usaha periode pendek yang dapat dikerjakan yaitu dengan tutup rekahan tanah dengan batu serta tanah supaya tidak makin melebar. “Sekarang ini kami masih tetap konsentrasi pada perlakuan dahulu sebab 17 rumah mesti dikosongkan serta 31 rumah lainnya terancam ambruk,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *