Mau Beli Rumah Murah BTN Bisa Dicicil, Begini Caranya

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN jual belasan ribu unit rumah murah lewat proses lelang. Rumah hasil sitaan credit macet itu dilelang melalui situs rumahmurahbtn.com.

Direktur Collection & Asset Management BTN Nixon Napitupulu mengutarakan, penduduk yang tertarik untuk beli rumah murah ini dapat memakai pola Credit Pemilikian Rumah (KPR) lelang. KPR lelang ini tidak berlainan dengan KPR biasa.

Baca Juga : Harga Besi Beton

“Jika yang tidak dapat beli tunai kan ada KPR Lelang. Berarti, ia di-re-finance kembali melalui KPR, tetapi istilahnya KPR Lelang sebab asal-muasalnya rumah memiliki masalah,” kata Nixon di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Ia menuturkan, untuk beli rumah murah itu peserta lelang mesti menyiapkan 20% dari harga rumah berdasar pada ketetapan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

“Peserta lelang mesti setor uang agunan 20%, itu mesti disetor dahulu saat ia rincian. Demikian ia rincian lelang, bertepatan ia kemukakan aplikasi ke BTN,” katanya.

Sekitar 20% pembayaran itu adalah uang agunan sekaligus juga menjadi uang muka atau down payment (DP). Uang ini akan dikembalikan jika peserta lelang tidak jadi atau tidak menang lelang. Sesaat 80% bekasnya, dapat dibayar dengan KPR lelang.

Pada umumnya, katanya, KPR rumah lelang ini seperti KPR biasanya. Lalu, bunganya memakai bunga pasar. Nilai KPR akan disaksikan sesuai dengan potensi pembayaran si peserta.

Artikel Terkait : Harga Keramik

“Jika pendapatannya meng-cover (kemukakan berapakah KPR). Jika pendapatannya tidak cover ya tentu di turunkan (nilai pengajuannya). Limit ataupun tenor pun sama,” katanya.

Selanjutnya ia menjelaskan, mengajukan proses KPR lelang ini mesti dikerjakan sebelum pengumuman hasil lelang. Sesaat proses lelang dari pertama sampai pengumuman menghabiskan waktu seputar 45 hari.

“Pengumuman hasil lelang itu 45 hari. Nah proses KPR-nya mesti awal mulanya telah diolah. Kan cukuplah itu saatnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *